Rabu, 20 Juni 2012

Pemerintah Masih Cari Opsi Frekuensi 4G

Pemerintah semakin optimis dengan implementasi teknologi 4G di Indonesia. Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika masih mencari opsi terbaik dari sejumlah pilihan frekuensi yang tersedia.

"Bisa juga di  700 MHz , tapi menunggu yang digital dulu. Jadi kita belum tentukan," kata Dirjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Kominfo M Budi Setiawan.

Budi berharap, dengan adanya layanan seluler 4G nanti, pengguna akan mendapatkan keuntungan karena kecepatan akses yang akan bertambah. "Misalnya kita terapkan di Jakarta dahulu, bisa saja speed-nya dua sampai 4GB," katanya.

Budi pun menilai kehadiran teknologi 4G untuk menjadi mobile broadband yang lebih cepat, hanya tinggal menunggu waktu. Bercermin dari 3G, Budi mengatakan jangan hanya melihat pemakaian teknologi saja,  tapi juga pemanfaatannya.

"Ekonomi kita bisa naik berapa persen dari adanya layanan teknologi ini. Usage memang tinggi, tapi pemakaiannya apa sudah bisa create bisnis atau lapangan pekerjaan baru?" tuturnya.

Maka jika skala ekonominya sudah bisa tercipta, tentunya Indonesia siap untuk masuk dalam ranah 4G. "Untuk 4G LTE ini memang sengaja agak ditahan karena tunggu kesiapan itu," ungkap Budi lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar